Sejarah Perkembangan IPTEK dan pengaruhnya pada penggunaan media pembelajaran

Kata media berasal dari bahasa Latin, yaitu Medium yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Secara umum, media dapat diartikan sebagai sesuatu yang digunakan sebagai perantara untuk meneruskan informasi, baik informasi yang bermuatan pendidikan, hingga bermuatan politik. 

Menurut Association for Educational Communications and Technology, media adalah segala bentuk dan saluran untuk proses penyampaian informasi. Sedangkan menurut Smaldino, dkk, media dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang menyampaikan informasi dari sumber kepada penerima. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan perantara yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang digunakan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran.

Dapat juga dikatakan, definisi IPTEK ialah merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan yang terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri. 

IPTEK mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, dengan IPTEK media pembelajaran digital dapat dilakukan. Sehingga media pembelajaran berbasis teknologi merupakan hal yang sangat membantu di era ini.

Dengan teknologi yang ada, media pembelajaran dapat dibuat menjadi lebih menarik sehingga dapat terjalinnya proses yang interaktif antara guru dengan siswa, yang dapat meningkatkan tercapainya tujuan pembelajaran.

Perkembangan IPTEK, akan berdampak terhadap perkembangan media, baik berdampak positif maupun negatif. Perkembangan IPTEK mengakibatkan semua manusia berlomba-lomba untuk dapat menggunakan teknologi dengan baik, agar tidak ketinggalan zaman.

Tetapi dalam ranah pendidikan, penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi siswa maupun guru sebagai subjek pembelajaran. 

Penggunaaan media pembelajaran yang tidak tepat akan mengakibatkan materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan maksimal dan terhambatnya tujuan pembelajaran. 

Sebaliknya, penggunaan media pembelajaran yang tepat akan menghasilkan proses belajar mengajar yang interaktif dan melibatkan aspek kognitif, afektif, dan prikomotorik siswa. Maka dari itu pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi guru dan siswa. 

Dan berdampak negatif jika penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran tidak tepat sasaran sehingga mengakibatkan tidak efisiennya proses belajar mengajar. Pendidikan dan teknologi menjadi dua aspek yang saling berkelindan. 

Pengkolaborasian dua aspek yang saling berkelindan antara sebuah pendidikan sebagai sumber pengetahuan atau ilmu, dan teknologi sebagai penunjang sekaligus menjadi hasil dari sebuah pendidikan. 

Dalam menunjang perkembangan teknologi, dibutuhkan ilmu yang terus up to date untuk menghasilkan pembaharuan yang cukup kompleks. Dan untuk menunjang suatu ilmu, diperlukan teknologi yang mumpuni. 


Jadi menurut saya pengaruhnya akan baik jika teknologi digunakan sesuai dengan tempatnya,kita tidak bisa menggunakan teknologi pada semua media pembelajaran jika digunakan secara berlebihan atau tidak pada tempatnya maka itu akan berdampak negatif pada pendidikan nantinya.


Source : https://www.kompasiana.com/angel48296/623fdf62274a7a148b412b53/pengaruh-perkembangan-iptek-terhadap-media-pembelajaran?page=2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

inspirasi photo booth unik,berkesan dan low budget

Fungsi Dari Garis Warna Pada Telapak Ban